Senin, September 14, 2009

Facebook Lite Dipertanyakan

Jakarta - Facebook yang merilis versi Lite di AS dipertanyakan karena koneksi internet negara itu sudah cepat. Facebook dinilai menjadi garang dalam menghadapi Twitter yang semakin naik daun.

Facebook meluncurkan Facebook Lite dan Tagging untuk membuat jejaring sosial itu semakin mudah. Seperti namanya, Facebook Lite adalah versi yang lebih ringkas dari Facebook dan didesain untuk orang-orang yang memiliki koneksi lambat.

Facebook Lite sudah ada di AS dan India, dan rencananya akan dikeluarkan di China, Rusia dan negara lainnya. Hal ini menimbulkan tanda tanya pada Facebook karena di AS koneksi internet sudah bagus.

Akan tetapi Facebook mengeluarkan pernyataan menyangkut peluncurannya di AS itu. “Kami memutuskan untuk meluncurkan Facebook Lite di AS untuk memberikan kesempatan bagi user mencoba alternatif yang lebih sederhana dari Facebook.com dan berharap dapat memenuhi kebutuhan mereka,” kata Facebook.

Facebook Lite terfokus pada event, inbox pesan, pesan dinding, video dan foto, serta tentunya update status. Perbedaan antara Facebook dan Facebook Lite terletak di aplikasi. Tidak akan ada aplikasi di versi Lite.

”Facebook Lite diharapkan menjadi sesuatu yang baik di negara berkembang dan di tempat-tempat di mana koneksi cepat jarang, bahkan tidak ada sama sekali,” kata Greg Sterling, Kepala analisa di Sterling Market Itelligence.

“Akan tetapi perusahaan menyediakannya di AS dan hal tersebut merepresentasikan alternatif bagi orang-orang yang ingin menggunakan Facebook tanpa ‘kebisingan’ dan ‘kekacauan’ di situs biasa,” katanya.

Sterling memperkirakan sebagian besar user AS dan negara-negara barat tidak akan mengakses Facebook via versi Lite. Tapi ia mencatat bahwa Facebook Lite lebih mudah untuk diakses pengguna telepon seluler dengan browser.

0 komentar: