Sabtu, September 19, 2009

Operator Kecolongan Trafik Facebook?

Jakarta - Agar jaringan tidak overload, Depkominfo mengimbau pengguna ponsel mengirimkan SMS Lebaran secara efisien. Namun dengan makin popularnya Facebook, ucapan selamat juga akan marak di jejaring sosial itu. Operator tampaknya akan kecolongan.

Depkominfo menghimbau pada pengguna ponsel tidak menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya dengan broadcast secara masif tapi secara bertahap. “Karena dapat dibayangkan bagaimana antrian di SMS Gateway mengingat saat ini nomor telepon seluler dan FWA (Fixed Wireless Access) telah mencapai di atas 174 juta di Indonesia,” kata Kepala Pusat Informasi dan Humas Depkominfo, Gatot S Dewa Broto, kemarin.

Sementara dari isi penyelengara telekomunikasi diinstruksikan untuk memperbaiki dan mempertahankan kualitas layanan jelang dan saat Idul Fitri 1430 H. Dari pengalaman Hari Raya Idul Fitri 1429 H tahun lalu, dinilai cukup bagus dan dapat menjadi rujukan yang berharga untuk terus dipertahankan.

Tapi Indonesia memiliki pengguna Facebook dalam jumlah besar. Situs InsideFacebook menyebut pengguna Facebook RI adalah terbesar ketujuh di dunia dengan 8,52 juta user. Dari jumlah itu, sebanyak 8,23 juta user ternyata baru bergabung dalam 12 bulan terakhir.

Jumlah pengakses Facebook dari ponsel diperkirakan sepertiganya. Jadi jika Indonesia memiliki user di atas 8 juta berarti hampir tiga juta user yang menggunakan handphonenya untuk mengakses Facebook.

Akses Facebook melonjak tajam saat operator getol membundel HP QWERTY murah. Hadirnya ponsel jenis itu menyebabkan tak perlu lagi BlackBerry untuk mengakses jejaring sosial.

VP Direct Sales XL Djunaedi Hermawanto mengatakan, XL sengaja meluncurkan ponsel dengan paket data GPRS menjelang Ramadhan dan Lebaran. Karena pada momentum itu, kebutuhan perangkat dan layanan telekomunikasi meningkat.

”Selain itu layanan itu mendukung aktivitas sosialitas untuk mengisi waktu saat berpuasa, maupun bersilaturahmi dengan keluarga atau kerabat," katanya.

Peluncuran HP QWERTY murah berhasil membuahkan fenomena baru bagi industri telekomunikasi Tanah Air. Kemudahan dalam melakukan koneksi GPRS sangat disukai konsumen karena setting Facebook menjadi sangat mudah.

Terlebih, untuk melakukan update status, sudah disediakan menu khusus termasuk jika ingin melakukan chatting. Lalu bagaimana kesiapan operator mengantisipasi jika terjadi lonjakan pengguaan Facebook untuk ucapan selamat hari raya?

GM Corporate Communication PT Excelcomindo Pratama Tbk (XL) Myra Junor mengatakan, untuk menghadapi Lebaran tahun ini, XL sudah melakukan persiapan jauh hari sebelumnya. Seperti pada Agustus, XL melakukan refresh pada sistem utama, serta memaksimalkan area coverage jaringan 3G.

Terkait dengan maraknya pengguna Facebook yang kemungkinan juga akan dimanfaatkan secara besar untuk menyampaikan ucapan selamat hari raya Idul Fitri, Myra mengatakan XL telah memperbesar kanal bandwidth hingga 65MBps. “Secara keseluruhan untuk mengantisipasi lonjakan trafik, XL telah menambah kapasitas hingga dua kali lipat dari biasanya,” jelasnya.

Selama H-7 hingga H+7 operator seluler yang memiliki sekitar 26 juta pelanggan itu mempersiapkan kapasitas hingga 150 juta SMS per hari. Sementara untuk kapasitas trafik telepon ditingkatkan hingga 550 juta menit per hari.

Myra mengatakan kapasitas itu sangat cukup untuk melayani pelanggan termasuk dari bundling penjualan HP Nexian yang saat ini sudah mencapai kurang lebih 150 ribu pengguna.

Sementara Indosat menyiapkan kapasitas 40 Terabyte/hari khusus untuk komunikasi data.

President Director & CEO Indosat Harry Sasongko mengatakan peningkatan kualitas jaringan itu dilakukan melalui peningkatan berbagai jumlah elemen jaringan, seperti jangkaun layanan, BTS, BSC, MSC, dan SMSC.

Secara umum kapasitas untuk trafik suara/voice Indosat ditingkatkan menjadi 10 juta/hari. Sementara kapasitas untuk SMS disediakan hingga 450 juta/hari.

"Semua kapasitas yang disiapkan tersebut baik voice, SMS dan data, siap untuk mengantisipasi lonjakan trafik hingga lebih dari 2 kali lipat dari trafik reguler hari biasa," kata Harry.

Sementara Telkomsel menyiapkan layanannya dengan teknologi lengkap mulai GPRS (Global Packet Radio Service), EDGE (Enhanced Data rates GSM Evolution), 3G WCDMA (Wideband Code Division Multiple Access), dan HSDPA (High Speed Downlink Packet Access).

“Sejalan dengan visi Telkomsel kami ingin menghadirkan paduan kecanggihan ponsel dengan inovasi layanan yang didukung jaringan luas dan berkualitas," kata VP Area Jabotabek Jabar Irwin Sakti. Jadi Facebookan pada Lebaran kali ini akan bisa nyaman?.

0 komentar: