Sabtu, September 12, 2009

PC Tak Lagi Kucing Dalam Karung

Jakarta- Membeli komputer berdasarkan spesifikasi seperti membeli kucing dalam karung. Namun kini Advance Micro Device mengumumkan merk baru bernama Vision Technology sebagai tolak ukur baru sistem komputer.

AMD melakukan branding baru untuk mengubah posisinya sebagai perusahaan teknologi di dunia yang mampu menciptakan prosesor dan grafik terdepan. Perusahaan itu mengatakan, prosesor merupakan “hati” dari sebuah komputer sedangkan grafik adalah “jiwanya”.

Nigel Dessau Chief Marketing Officer AMD mengatakan user mengharapkan apa yang dapat mereka lakukan dengan PC mereka, dan bukan apa yang ada di dalamnya.

“Zaman sekarang user ingin HD dan hiburan dan pengguna ingin membuat pilihan tanpa harus memahami arti gigahertz atau gigabyte," katanya.

Di mulai pada musim liburan dan bertepatan dengan rilis sistem operasi Microsoft Windows 7, notebook PC dengan chip AMD akan dipasarkan dengan Vision Technology.

AMD akan mempromosikan tiga tingkat Vision Technology. Komputer yang digunakan untuk pemakaian sehari-hari disebut Vision. Komputer ini dapat digunakan untuk web surfing, mendengarkan musik, melihat foto dan menonton video secara online, dan e-mail.

Computer yang dilabeli sebagai Vision Premium mempunyai kemampuan untuk mengubah video sehingga dapat diputar sebagai media player portabel, mengubah Audio CD menjadi file MP3, bermain game, dan menggunakan Webcam.

Versi yang lainnya adalah Vision Ultimate. Sistem yang ini dapat merekam acara TV secara langsung, bermain game yang memerlukan grafik yang kaya warna, mengedit dan mencampur musik, membuat film HD dan memutar DVD Blu-ray dengan definisi tinggi, mengedit foto dengan level yang lebih tinggi, dan membuat podcast. AMD Fusion Media Explorer, software pengatur musik, film, koleksi foto dan TV sudah termasuk di dalam sistem Ultimate.

Sistem keempat, bernama Vision Black, akan segera diperkenalkan di kuartal pertama tahun depan. Sistem ini akan akan menampilkan kemampuan tertinggi dan akan tersedia untuk PC desktop.

Richard Shim, analis dari IDC mengatakan bahwa perusahaan lain telah mulai memfokuskan pada pemakaian bukan spesifikasi, akan tetapi AMD adalah pembuat chip pertama yang melakukan itu. “Pengembang chip selalu saja berusaha lebih cepat, cepat dan cepat,” katanya, tetapi sekarang semuanya berubah dan mampu melihat keinginan pengguna.

0 komentar: